Minggu, 12 Maret 2017

ANALISIS AKSES JARINGAN PADA SITUS studentsite.gunadarma.ac.id

1. Gambar di atas adalah cek kecepatan koneksi, dalam hal ini saya menggunakan koneksi paket data smartphone dengan provider Indosat.

2. Cek ip host pada command prompt dengan cara nslookup nama domain. nslookup studentsite.gunadarma.ac.id




3. Cek traffic studentsite.gunadarma.ac.id pada similiarweb.com
4. Gambar di atas adalah respond time dari domain yang saya tuju. Dengan menggunakan perintah ping namadomain. Bytes menunjukan besar request paket yang dikirim dari domain target. Time adalah nilai delay atau latency, yang menunjukan waktu yang diperlukan packet yang dikirim untuk mencapai domain yang dituju. Pada gambar di atas, time=597ms, ini brarti respon yang diberikan oleh si computer target atau domain yang saya tuju termasuk dalam kategori lambat, karena semakin besar nilai delay atau latency ini menunjukkan semakin lambat respond yang diberikan, sehingga nilai delay ini juga bisa digunakan sebagai indikator kualitas jaringan/koneksi yang saya miliki. Ini ada dua kemungkinan, Karena faktor kualitas koneksi yang saya gunakan yang memang lambat atau karena komputer target/domain yang saya request untuk meminta respon.
Pada point nomor 1 yaitu ketika saya cek koneksi dengan speedtest, digambar menunjukkan download speed=0.35mbps, dapat disimpulkan bahwa koneksi internet yang saya pakai termasuk dalam ketegori lambat, dan salah satu pengaruhnya adalah ketika saya ping studentsite.gunadarma.ac.id, si domain merespon dengan nilai delay yang relatif besar.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More